JARINGAN

http://www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan selama satu bulan. Pendekatan dalam workshop yaitu pengenalan sejarah dan medium audio visual, kemampuan teknis dan pengolahan, melakukan riset empiris dan data, serta terjun langsung ke dalam masyarakat. Menjadikan Aku sebagai bagian dari Massa. Bentuk kerja kolaborasi dalam program akumassa merupakan strategi untuk pengorganisasian komunitas lokal dalam pengembangan medium audio visual dan kerja budaya melalui jaringan kerja antar komunitas di Indonesia.

http://www.akumassa.org terbit didasari atas gagasan tentang jurnalisme warga, masyarakat khususnya pekerja kreatif muda (usia 20-30 tahun) yang dapat memanfaatkan teknologi modern dan internet global ini sebagai media informasi alternatif dan juga untuk melengkapi maupun memeriksa fakta-fakta yang diberitakan dalam media. Apa yang dikerjakan oleh Forum Lenteng selama ini, adalah sebuah usaha mengumpulkan narasi-narasi kecil tentang kota, Jakarta khususnya. Narasi-narasi yang dituturkan ’sendiri’ oleh masyarakatnya. Karena selama ini berita-berita yang diketahui oleh masyarakat berada pada kuasa media massa besar. Dengan gagasan tersebut di atas Forum Lenteng berinisiatif untuk membuat media massa alternatif berbasis jaringan internet dalam bentuk blog yang diaplikasikan ke dalam program dan ide akumassa. Isi dalam artikel-artikel yang terbit dalam http://www.akumassa.org berisi tentang kepingan-kepingan kecil akan sejarah dan peristiwa di tiap kota dampingan ataupun kota di luarnya.

Artikel-artikel yang akan terbit dalam http://www.akumassa.org terlebih dahulu melalui proses penyuntingan oleh Editor tiap komunitas dampingan, lalu finalisasi oleh Editor Pengelola yang berbasis di Forum Lenteng. Artikel dibagi berdasar kategori kota: kota dampingan program akumassa dan kota di luar dampingan (kontributor); Imej, berisi imej yang berhubungan dengan akumassa; Video, berisi video hasil program akumassa; Suara, berisi footage suara diskusi atau berita akumassa berbasis suara; Terbitan, adalah katalog, buku, ataupun publikasi acara akumassa; English, berisi artikel pilihan berbahasa Inggris.

Media produksi informasi dan komunikasi ini memiliki peluang yang cukup besar sebagai media yang dikelola oleh masyarakat itu sendiri untuk memberikan informasi dan pandangan yang dimilikinya atas sejarah dan peristiwa yang terjadi, baik dalam lingkup terkecil (komunitas) hingga hubungannya dengan negara.

informasi:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW02
Lenteng Agung – Jakarta, 12610
Indonesia
(021) 78840373
www.akumassa.org

akumassa@gmail.com

Sanggar Gardu Unik didirikan 29 September 2005 oleh Nico Broer di kota Cirebon. Sanggar ini memfokuskan kegiatannya pada pendidikan, terutama bidang seni rupa. Anggota sanggar ini sebagian besar merupakan pengajar di sekolah-universitas. Program pendidikan yang diberikan berupa privat —dimana siswanya datang ke sanggar dengan pengajar satu orang; regular—satu minggu sekali; dan workshop —di Februari 2008, workshop video di Komunitas Jurnalistik Rumah Pena yang diperuntukkan bagi siswa sekolah menengah umum. Sanggar Seni Rupa Gardu Unik juga melakukan program pengiriman pengajar ke sekolah-sekolah untuk memberikan pendidikan: seni musik, seni rupa, desain grafis, teater, dan seni tari. Terlibatnya Sanggar Gardu Unik dalam beberapa event, festival, workshop, nasional maupun internasional, baik dalam seni tradisi maupun seni kontemporer (video salah satunya) memungkinkan bagi institusi pendidikan ini untuk berkembang dan melahirkan kemungkinan-kemungkinan dalam sistem pendidikan alternatif.

Sanggar Gardu Unik
Permata Harjamukti blok H4 No.06,Cirebon. Telp.08179074773

http://garduunik.co.cc

– – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –

Kelompok Studi Sarueh didirikan oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Seni Indonenesia (STSI) Padang Panjang pada 16 Oktober 2008 sebagai tempat proses kreatif dan belajar untuk dapat menjadi bagian penting dalam perkembangan dunia komunikasi (penyiaran dan filem) di Indonesia. SARUEH atau dalam bahasa Indonesia seruas atau satu ruas yang artinya secara filosofis merupakan bagian terkecil dari masyarakat yang mengharapkan ruas yang kecil ini akan bercabang kemana-mana.

Sarueh terdiri dari 15 orang mahasiswa jurusan televisi dan film STSI Padangpanjang. Berawal dari obrolan kecil antar beberapa teman yang merasa tidak nyaman dengan proses perkuliahan dan merasa jauh panggang dari api untuk mendalami disiplin ilmu yang diminati, maka munculah keinginan untuk membuat sebuah kelompok kecil yang bertujuan untuk belajar mandiri (independen) terlepas dari tekanan dan permasalahan di kampus. Sarueh mempunyai moto “Ciek ndak ka jalan, basamo nan ka jadi” (Satu orang saja tidak akan berjalan, bersamalah akan menjadi).

Kelompok Studi Sarueh saat ini beraktifitas di rumah kos di Kampung Dobi Padang Panjang. Para penggiat kelompok studi ini antara lain; Linda (ketua), Ari (wakil), Ipunk (sekretaris), Sherin (bendahara), Fandi (humas), Angga, Via, Ulil, Rudi, Capaik, dan Roni.

Kelompok Studi Sarueh
Jalan Bahder Johan No. 30
Kecamatan Guguk Malintang
Padang Panjang – Sumatra Barat 27128
http://sarueh.wordpress.com

– – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –

SaidjahForum berdiri pada 3 Februari 2005 di Serang, dibentuk oleh beberapa mahasiswa komunikasi, kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang. Sejak itu forum ini mengalami perjalanan dalam pengorganisasian, kemudian Juli 2007, Fuad Fauji dan Helmi Darwan sebagai ketua pengurus forum ini memutuskan untuk pindah menuju Rangkasbitung, maka sejak 2007 Saidjah Forum berdomisili dan fokus pada permasalahan sosial budaya di wilayah Lebak, tepatnya kota Rangkasbitung.

http://forumsaidjah.wordpress.com

Anakseribupulau adalah komunitas terbuka di Randublatung, Blora. Sebuah komunitas mandiri yang dibentuk oleh empat orang yaitu Exi, Djuadi, Hasan dan Agung pada 1999. Mempunyai anggota dengan latar belakang heterogen mulai dari mahasiswa, seniman dan pecinta alam (MAPALA). Aktifitas kelompok ini banyak dipengaruhi oleh kebudayaan punk (khususnya musik), dan aktif dalam memberikan workshop daur ulang sampah (recycle), cukil kayu dan beragai macam kegiatan kesenian lain, baik untuk sekolah atapunu komunitas lain. Selain itu komunitas anakseribupulau juga aktif dalam pembuatan zine-zine lokal yang membahas isu lokal.

Anak Seribupulau
Jalan Onggososro no. 20 RT. 05/RW.02
Desa Randu, Kecamatan Randublatung
Kabupaten Blora
T: (02596) 810532, 081225163277

http://anakseribupulau.info/
anak_seribupulau@yahoo.com.au

– – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –

Komunitas Djuanda adalah kelompok studi berwawasan komunitas, egaliter dan kritis. Bertujuan membangun kebudayan visual berbasis media melalui diskusi, penelitian, produksi dan diseminasi. Didirikan oleh mahasiswa komunikasi/jurnalistik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 17 Oktober 2009. Komunitas Djuanda berperan aktif menggagas pengembangan media alternatif kepada khalayak dan meningkatkan kepedulian anggotanya terhadap permasalahan sosial dan budaya.

Jl. Mandor Baret Komplek Kontrakan H. Yusuf No. 1 RT.01/07
Kel. Pisangan, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan 15419
Phone:  (021) 742 9551

komunitasdjuanda@gmail.com
www.komunitasdjuanda.wordpress.com

– – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –

Komunitas Pasir Putih memang sengaja dibentuk akhir 2009 di Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat untuk mendukung kerjasama dengan akumassa Forum Lenteng. Komunitas ini terdiri dari beberapa komunitas yang berdiri sebelumnya, diantaranya: Teater Nol (North Of Lombok) dan Teater Satu, dua komunitas teater ini cukup aktif melakukan pementasan publik, selain itu ada pula Komunitas Akarpohon, Mataram yang bergelut di bidang sastra, Komunitas Barackshieva yang aktif di bidang sosial dan lingkungan hidup dan Komunitas Remaja Masjid Ass-Shirathal Mustaqim, Pemenang aktif di bidang sosial keagamaan.

Jalan Raya Pemenang
Karang Subagan, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang,
Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat 83352.
Phone: 081917214351/ 087865137379

Jurnal Footage adalah sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Forum Lenteng, lembaga egalitarian nirlaba didirikan pada Juli 2003. Edisi-edisi Footage membahas berbagai wacana visual kontemporer, baik filem maupun video. Jurnal Footage menyuguhkan ragam tulisan sebagai jawaban atas kurang berkembangnya wacana dan kritisisme media audio visual (filem dan video) di Indonesia dan internasional. Jurnal ini terbit dua bahasa (Indonesia dan Inggris) dalam bentuk online maupun cetak. Edisi jurnal Footage online dapat dinikmati setiap saat, sedangkan edisi cetaknya terbit setiap enam bulan sekali.

www.jurnalfootage.net


3 comments
  1. Assalaamu’alaykum WR.WB.

    Kami komunitas Masjid Agung Al-Jihad sebagai masyarakat awam. Melihat perkembangan pembangunan Masjid ini terkesan masih merangkak lambat sekali.

    Untuk itu Kami menawarkan fitur SMS premium agar masyarakat dapat berperan serta untuk memberikan sumbangan dengan mudah melalui SMS yang bisa dilihat di site kami. Anda tinggal registrasi pada site kami gratis.

    Sebagai contoh, masyarakat bisa memberikan sumbangan berupa SMS dengan cara, ketik Bintang(spasi)Masjid kirim ke 3477, tarif yang dikenakan sebesar Rp. 2000 per SMS. Masyarakat akan dengan praktis dimanapun berada untuk dapat berpartisipasi memberikan sumbangan atau amal jariyahnya kepada Masjid.

    Maka hasilnya Masjid Al-Jihad akan menerima secara transparan dapat dilihat melalui site kami.

    Wassalam.

  2. perkenalkan kami dari komunita RK “Rumah Kita”..yang berada di kota tangerang…ingin bertegur sapa dan menjalin silahturahmi dengan komunitas komunitas lainnya. RK didirikan pada tgl 14 september 2010 dikediaman saudara mala jln ahmad yani kota tangerang dan tempat deklarasti tsbt telah disepakati untuk menjadi base camp kami.visi dan misi kami adalah menjalin kebersamaan dan kepedulian sosial……http://www.facebook.com/group.php?gid=104980832896796

  3. salam kenal juga dari kami komunitas djuanda
    terima kasih telah mampir..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: