Rangkaian Acara Malam Tahun Baru Komunitas Djuanda

Pada Senin, 3 Januari 2011

Selalu ada pesta untuk tahun baru, karena memang telah menjadi tradisi yang mengakar kuat bagi masyarakat untuk merayakan setiap hal yang ‘baru-baru’. Entah itu secara mewah ataupun hanya secara sederhana, yang pasti judulnya tetap pesta penyambutan tahun baru. Semua orang seperti tenggelam dalam euphoria ini dan antusias untuk menghitung sisa detik 2010 dalam gegap gempita di puncak malam.

Soft launching http://www.galeritangsel.com dan pameran simple ciputat

Tak terkecuali aku dan teman-teman Komunitas Djuanda yang telah jauh hari mematangkan rencana untuk mengadakan acara penutupan dan pembukaan tahun. Dan kali ini sangat spesial, karena bersamaan dengan launching-nya website http://www.galeritangsel.com. Jurnal online ini merupakan salah satu program Komunitas Djuanda untuk menyebarkan informasi kepada publik mengenai Kota Tangerang Selatan. Berbagai informasi mengenai kuliner, tempat wisata, komunitas, dan lainnya yang ada di Tangerang Selatan dapat didapatkan dalam jurnal online ini.

Rapat panjang dan alot terus bersambung dari hari ke hari mengenai acara ini, hingga akhirnya seminggu sebelum hari H kesepakatan pun didapat. Kami sepakat untuk membungkus acara ini dengan nama Soft Launching http://www.galeritangsel.com dan Pameran Foto Simple Ciputat.

Acara ini bertempat di Jalan Mandor Baret, tepatnya di kompleks kontrakan Haji Yusuf, yang juga merupakan kantor Komunitas Djuanda. Konsep acara dibuat sederhana serta melibatkan masyarakat sekitar. Panitia pun disusun dan disahkan. Undangan pun disebar melalui selebaran dan jejaring sosial. Selain itu kami juga memanfaatkan speaker masjid di dekat kantor untuk mengundang warga sekitar.

warga sekitar sedang melihat pameran simple ciputat

Untuk memeriahkan acara ini, kami tidak memerlukan budget yang banyak karena beberapa orang dari kami bersedia menyumbang peralatan dan konsumsi. Antusias warga Mandor Baret pun sangat tinggi, mereka dengan sukarela turut serta membantu terlaksananya acara.

Pukul 7 malam waktu setempat, lokasi acara selesai disiapkan. Foto-foto yang akan dipamerkan telah rapi terpajang di tembok. Ada pula 3 televisi yang disediakan untuk memutar kompilasi video akumassa dan 2 video terbaru Komunitas Djuanda, yaitu PEMIRA UIN dan Town House.

Menonton video

Para panitia pelaksana pun sudah siap dengan kostum kebanggaan, yaitu kaos putih bertuliskan “galeritangsel.com”. Halaman jurnal online http://www.galeritangsel.com juga sudah manis terpampang di 3 laptop yang dapat diakses oleh para pengunjung pameran.

Pengunjung mengakses http://www.galeritangsel.com

Selain diramaikan oleh warga sekitar, soft launching dan pameran ini juga dihadiri oleh teman-teman dari Komunitas Sastra Senjakala, Forum Lenteng dan teman-teman akumassa dari Komunitas Anak Seribupulau-Blora dan Komunitas Kinetik-Surabaya.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Pelaksana, Annisa Rafianto, lalu Direktur Komunitas Djuanda, Ray Sangga Kusuma, dan dilanjutkan oleh Pemimpin Redaksi http://www.galeritangsel.com, Farabi Ferdiansyah. Tak keinggalan perwakilan dari masyarakat sekitar yaitu, Bapak Mufti.

Bapak Mufti selaku perwakilan warga Mandor Baret menyampaikan sambutan

Ray Sangga Kusuma selaku Direktur Komunitas Djuanda menyampaikan sambutan

“Dengan ini, http://www.galeritangsel.com resmi diluncurkan!” Kata-kata penuh semangat dari Eni Wibowo selaku MC acara menjadi ujung tombak acara pembuka. Dengan begitu maka website kami pun resmi mengudara dan dapat langsung diakses oleh publik secara luas. Tepuk tangan meriah dan ucapan selamat dari para tamu dan rekan yang hadir menjadi rasa bangga tersendiri atas kerja keras kami mempersiapkan website ini.

Ketika kami sedang mempersiapkan ayam dan ikan bakar untuk makan bersama, tiba-tiba terdengar letusan kembang api dari berbagai penjuru. Tak terasa pergantian tahun pun berlangsung, tepat pukul 00.00 WIB. Kami pun tak mau kalah meluncurkan kembang api ke langit. Warna-warni yang tercipta di langit malam pun menambah kental suasana malam tahun baru 2011 ini. Mata kami langsung tertuju ke pesta kembang api, ada pula sebagian teman-teman yang mengabadikan momen tersebut dengan kameranya masing-masing.

Setelah puas menikmati ‘taburan’ kembang api di langit, kami memutuskan untuk makan bersama di atas daun pisang.Acara makan bersama ini berlangsung dengan sangat seru. Tangan-tangan saling berebut lauk diselingi canda dan tawa yang hangat.Setelah makan kami berbincang ringan. Lalu tak lupa kami mengabadikan momen itu dengan berfoto bersama. Tak terasa jarum jam menunjukkan pukul 01.42 WIB. Para tamu dan rekan mulai berpamitan untuk pulang. Namun, ada juga beberapa warga sekitar yang melanjutkan acara dengan menonton TV bersama di halaman Komunitas Djuanda. Kami sangat senang karena acara ini berlangsung dengan sukses. Semoga http://www.galeritangsel.com dapat diakses secara luas dan berguna bagi masyarakat. Jurnal online ini sekaligus menjadi kado akhir tahun bagi kami, Komunitas Djuanda. Semoga tahun 2011 ini membawa berkah dan keceriaan bagi semua.

oleh: Jayu Julie & Choiril Chodri

2 comments
  1. bujangkatapel said:

    ditunggu karya2 di http://www.galeritangsel.com nya…
    congrat..
    keep spirit

  2. Semoga Sukses… ;D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: